Resika Caesaria, Social Preneur dengan Julukan Ratu Cimol Banyumas

No comments
Resika Caesaria Ratu Cimol Banyumas


Bagaimana rasanya jika tiba-tiba keadaan menjadi menyedihkan dan menyulitkan? Seorang perempuan dari Banyumas bernama Resika Caesaria merasa sedih karena harus menjalani masa sulit. Ayahanda tercinta Resika Caesaria terkena PHK karena usianya yang sudah masuk lanjut usia dan penglihatan mulai kabur.

Kala itu Resika Caesaria akan masuk SMA tepatnya di tahun 2005, Resika mulai berpikir bagaimana caranya agar ia bisa tetap lanjut sekolah walaupun ayahnya sudah tidak bekerja lagi. Akhirnya dengan semangat dan tekad yang bulat, Resika Caesaria mulai jualan kue yang dititipkan ke warung.

Akan tetapi jualan kue donat dan batagor tidak begitu laku dan pada akhirnya Resika Caesaria memilih membuat Cimol karena Cimol jadi makanan yang baru di Banyumas dan rasanya enak serta harganya yang terjangkau. Dan Cika pun merasa beruntung karena dapat modal 63 ribu Rupiah dari orang tuanya untuk memulai berjualan cimol.

Resika Caesaria merasa bahagia karena pada akhirnya bisa masuk SMA sesuai dengan harapannya. Selanjutnya, Resika Caesaria tetap ingin belajar lagi dan Resika Caesaria menempuh pendidikan kuliah di STIKES Harapan Bangsa Purwokerto.

Saat menjadi mahasiswi itulah, Cika begitu nama panggilannya. Cika berjualan Cimol di area dekat kampusnya karena hal tersebut bisa membuat Cimol buatan Cika laku karena berjualan dekat dengan kampus.

Di tahun 2009, untuk pertama kalinya Cika punya gerobak cimol. Karena Cika merasa sudah mendapatkan banyak keuntungan dengan berjualan cimol maka Cika ingin juga agar orang lain bisa merasakan apa yang Cika rasakan. Cika pun membagikan gerobak cimol secara gratis untuk mitra usaha yang berasal dari keluarga golongan menengah ke bawah.

Cika merasa senang karena dengan berjualan cimol bisa membuat dirinya bersekolah SMA dan juga kuliah. Akan tetapi ternyata hasil jualan cimol belum bisa menutup semua biaya kuliah Cika. Untungnya ada kakak pertama Cika yang ikut membantu membayar uang kuliah Cika.

Cika ini adalah anak bungsu dari empat bersaudara dan semua saudara Cika mendukung Cika untuk berjualan cimol. Keluarga Cika merasa bangga dan bahagia saat Cika lulus dari STIKES Harapan Bangsa Purwokerto dan menjadi salah satu lulusan terbaik.

Akan tetapi setelah lulus dari Ilmu Keperawatan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto, Cika merasa bimbang dan dilema. Cika bingung ingin memilih tetap berjualan cimol atau fokus memilih berkarir sebagai tenaga kesehatan.

Cika pun akhirnya menemukan jawaban dan menentukan pilihannya sendiri. Cika lebih memilih tetap berjualan cimol dan berusaha mengembangkan bisnis tersebut karena Cika berpikir kalau di luar sana masih banyak tenaga kesehatan yang lebih baik dari Cika.


Resika Caesaria Ratu Cimol Banyumas


Fokus berjualan cimol dan mengembangkan bisnis cimol ini karena awalnya Cika merasa bahagia dengan berjualan bisa meningkatkan taraf ekonomi keluarganya. Dan Cika pun berpikir kalau Cika juga ingin membuat orang lain bahagia melalui jualan cimol ini.

Cika pun mengembangkan bisnis cimol ini khusus untuk orang menengah ke bawah dan untuk yang belum mendapatkan pekerjaan. Cika mengajak kerja sama orang-orang terdekatnya untuk bermitra usaha jualan cimol yaitu gerobak dan peralatannya diberikan secara gratis kepada mitra usaha setelah melalui survei langsung.

Lalu, dari mana Cika mendapatkan keuntungan jika Cika memberikan gerobak dan perlengkapannya secara gratis kepada mitra usaha? Cika mendapatkan keuntungan dari mitra usaha yang belanja di tempat Cika karena mitra usaha wajib membeli bahan baku di tempat Cika.

Banyak warga Banyumas yang merasa terbantu dengan adanya mitra usaha cimol Resika Caesaria ini. Karena mitra usaha bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari dan meningkatkan taraf ekonomi mitra usaha. Cika juga menganggap mitra usaha seperti keluarga sendiri jadi mitra usaha merasa seperti sedang menjalankan bisnis bersama dengan keluarga.

Di tahun 2014, Resika Caesaria mendapat penghargaan apresiasi SATU Indonesia Awards kategori kewirausahaan. Apresiasi SATU (Semangat ASTRA Terpadu) Indonesia Awards ini diberikan kepada anak muda di Indonesia yang memiliki dedikasi tinggi dan kontribusi positif bagi masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi.


Resika Caesaria Ratu Cimol Banyumas


Resika Caesaria pun mendapatkan julukan RATU CIMOL BANYUMAS karena sudah ikut serta memajukan perekonomian Banyumas dengan bisnis usaha cimol yang dirintisnya. Ya, inilah ratu yang sesungguhnya. Peka dengan lingkungan sekitar dan sayang kepada sesama yang membutuhkan bantuan dan pertolongan. Dan kemudian RATU CIMOL BANYUMAS menjadi nama untuk cimol yang dijual oleh Resika Caesaria.

Pada tahun 2018, Resika Caesaria mendirikan rumah produksi cimol MADE ARIZKA yang merupakan singkatan dari nama keluarganya. Dan pada tahun yang sama, ada 245 mitra usaha RATU CIMOL BANYUMAS yang ada di Banyumas dan sekitarnya.

Pada awal berdirinya tempat produksi MADE ARIZKA maka ada empat orang karyawan yang merupakan tetangga dan orang terdekat Resika Caesaria. Dan di tahun 2024 sudah ada 40 orang karyawan yang bekerja di tempat produksi MADE ARIZKA.

TERUS BERINOVASI UNTUK TETAP BERJAYA DAN BERMANFAAT UNTUK SESAMA

Masa pandemi yang telah kita lalui adalah masa-masa pahit yang harus dilalui dan seluruh dunia merasakan banyak dampaknya karena pandemi. Ratu Cimol Banyumas pun merasakan dampaknya dan sempat berhenti produksi.

Namun pandemi bukan halangan untuk tetap berkarya dan berjaya. Bangkit dari pandemi, Ratu Cimol Banyumas mulai bangkit lagi dengan terus berinovasi mulai dari meningkatkan kualitas, rasa, kemasan, dan harga.

Ya, Ratu Cimol Banyumas berinovasi dengan membuat produk baru yaitu batagor, pangsit, seblak, baso aci, dan cireng dengan berbagai macam rasa. Kemasannya pun lebih menarik dari sebelumnya dan Ratu Cimol Banyumas mulai merambah ke pemasaran digital yaitu penjualan melalui marketplace dan sosial media.


Resika Caesaria Ratu Cimol Banyumas


Selama 15 tahun Ratu Cimol Banyumas hanya dijual secara offline maka mulai tahun 2020 hingga sekarang ini Ratu Cimol Banyumas laris manis dengan penjualan yang tinggi di marketplace dan sosial media. Dari modal 63 ribu Rupiah, kini omset penjualan Ratu Cimol Banyumas mencapai ratusan juta Rupiah perbulannya.

Resika Caesaria, Ratu Cimol Banyumas. Perempuan cantik yang membuka banyak jalan rejeki untuk orang-orang yang membutuhkan di sekitarnya. Cika pun tak pelit ilmu karena seringkali Cika diundang untuk menjadi narasumber dan bercerita tentang kisahnya dan Ratu Cimol Banyumas di sekolah, universitas, dan juga acara-acara talkshow. Ada juga siswa dan siswi SMK di Banyumas yang berkunjung langsung ke tempat produksi Ratu Cimol Banyumas untuk belajar tentang wirausaha.


Dari Resika Caesaria kita bisa belajar bahwa jangan malu dan terus maju untuk meraih sesuatu serta tidak menyerah sebelum melangkah. Berani memulai, berani menghadapi rintangan, dan tetap ingat dengan orang terdekat yang memerlukan bantuan dan pertolongan. Resika Caesaria, Ratu Cimol Banyumas. Sosok Ratu sesungguhnya yang dermawan dan tetap semangat hadapi rintangan!

Sumber Referensi Gambar dan Tulisan : Akun Media Sosial Resika Caesaria dan Ratu Cimol Banyumas

No comments

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Sinok Farida dan memberikan komentar 😍