Program BRI Peduli, Bukti Nyata BRI Cinta Alam dan Lingkungan

No comments
BRI Peduli


Halo, Teman Cantik!

Tahun 2020 – tahun 2021 adalah tahun-tahun berat bagi kita semua karena saat itu adalah masa pandemi. Banyak hal yang harus dilalui mulai dari beradaptasi dengan kebiasaan baru sampai harus kehilangan pekerjaan bahkan usaha bangkrut alias gulung tikar.

Tahun 2021, Pemerintah Republik Indonesia dan Bank BRI menyalurkan bantuan untuk UMKM Indonesia agar roda perekonomian terus berputar dan usaha bisa terus berjalan. Banyak UMKM yang akhirnya bangkit kembali dan bisa melanjutkan usahanya.

Pahlawan UMKM adalah julukan yang tepat untuk Pemerintah Republik Indonesia dan Bank BRI yang kala itu menyalurkan bantuan UMKM di Indonesia. Dan seperti yang sudah kita tahu, BRI adalah bank yang merangkul semua kalangan mulai dari masyarakat pedesaan hingga masyarakat perkotaan.

Tidak hanya itu saja. Bank BRI juga terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik untuk nasabahnya melalui Digitalisasi BRI seperti dengan adanya aplikasi BRImo yang memudahkan penggunanya untuk beli pulsa, bayar tagihan, bayar belanja atau yang lainnya melalui smartphone.


Tahun ini BRI berusia 128 tahun. BRI berdiri sejak tahun 1895. BRI merupakan bank milik pemerintah yang terbesar dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hingga saat ini BRI ikut serta dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat Indonesia. BRI sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara) ikut melaksanakan program tanggung jawab sosial melalui program BRI Peduli.

BRI Peduli


Beberapa waktu yang lalu, ada informasi tentang ESG (Environment, Social, Governance) yaitu konsep mengedepankan kegiatan pembangunan bisnis yang berkelanjutan sesuai dengan lingkungan, sosial, dan tata kelola. (Sumber : Google), ESG ini mengingatkan kita dengan CSR (Corporate Social Responbility) dan BRI Peduli.

BRI Peduli Grow & Green Tanam 2.500 Bibit Pohon di Kabupaten Samosir

Aktivitas CSR (Corporate Social Responbility) BRI Peduli secara konsisten terus mendukung dan merealisasikan prinsip ESG (Environment, Social, Governance). Melalui program BRI Peduli Grow & Green yaitu melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan pelestarian alam dengan menggandeng berbagai pihak termasuk para petani di Kabupaten Samosir.

Di bulan Oktober tahun 2023, BRI berkolaborasi dengan Yayasan Bakau Manfaat Universal menyalurkan bantuan berupa 2.500 bibit pohon kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Marsada yang berdomisili di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

BRI Peduli



Bibit pohon yang jumlahnya 2.500 terdiri dari bibit pohon kopi, pinus, dan aren. Harapan dari adanya kegiatan ini adalah agar KTH Marsada bersama BRI akan terus merawat tanaman produktif hingga hasil panennya bisa dinikmati masyarakat setempat. Kegiatan BRI Peduli Grow & Green Tanam 2.500 Bibit Pohon di Kabupaten Samosir adalah bentuk dukungan BRI dalam pelestarian alam untuk menjaga kelestarian Danau Toba.

BRI Peduli Ajak Warga Kampung Bali Bersih Sungai

Tidak hanya melakukan kegiatan penanaman pohon saja, BRI Peduli juga mengajak masyarakat Kampung Bali untuk bersih sungai demi menjaga sungai tetap bersih dan agar terhindar dari banjir saat musim hujan tiba. Pada hari Jum’at tanggal 29 September 2023, BRI Peduli melakukan kegiatan “Bersih-Bersih Kali” dan “Gerakan Anti Sampah Yok Kita Gas” di Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut yaitu membersihkan Kali Krukut. Ada lebih dari 80 orang yang ikut serta dalam kegiatan “Bersih-Bersih Kali” ini mulai dari masyarakat Kampung Bali dan tim BRI Peduli. Masyarakat Kampung Bali dan tim BRI Peduli menyusuri Kali Krukut dan mengambil sampah yang ada di Kali Krukut. Dan dengan adanya kegiatan “Bersih-Bersih Kali” ini ada sebanyak 1.119 kg sampah yang terangkut. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan bersih, nyaman, dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

BRI Peduli


Selain kegiatan “Bersih-Bersih Kali” ada juga kegiatan “Gerakan Anti Sampah Yok Kita Gas” yaitu BRI Peduli mengajak masyarakat Kampung Bali memilah sampah sesuai dengan jenis sampah yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik yang sudah dipilah dimanfaatkan untuk bahan pupuk kompos dan tambahan pakan ternak. Sedangkan sampah anorganik dijual kepada pengumpul sampah.

Ada juga kegiatan Urban Farming bersama BRI di Kampung Kali yaitu (BRINita) pelaksanaan program bertani di kota yaitu konsep bertani dengan memanfaatkan lahan sempit di wilayah pemukiman padat penduduk yang bertujuan agar masyarakat Kampung Bali bisa bertani dan mampu menghasilkan sumber makanan bergizi sehingga dapat menekan angka stunting.

“Angka stunting di wilayah Kampung Bali sudah turun dari 47 ke 22 setelah adanya program urban farming (BRINita)” – Ujar Ibu Ety Kusmiyati Selaku Lurah Kampung Bali

Selain itu, BRI juga mengadakan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM di Kampung Bali yaitu pelatihan dan pengelolaan budidaya ikan nila dan pembentukan kelompok UMKM di Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

BRI Untuk Indonesia memang bukti nyata BRI Peduli cinta alam dan lingkungan. Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan tentang program BRI Peduli sebagai wujud nyata BRI cinta alam dan lingkungan. Lalu, bagaimana cara kalian mencintai alam dan lingkungan?

Referensi Gambar dan Tulisan : Website www.bri.co.id dan Instagram @bankbri_id

No comments

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Sinok Farida dan memberikan komentar 😍